Copyright © Clean Air Indonesia
Design by Dzignine
Wednesday, July 10, 2013

LED 101



Apakah LED itu dan kenapa LED semakin marak belakangan ini di Indonesia? Dari layar LED sampai lampu LED di rumah. Apa hebatnya LED? Berikut beberapa ringkasan mengenai LED101 dan pertanyaan yang dapat membantu kita mengerti apa LED dan keuntungannya.

LED sendiri adalah kependekan dari Light Emitting Diodes. Apa hebatnya LED? LED dapat digunakan untuk membangun lampu hemat energi yang menghemat energi, membantu melindungi lingkungan, mengurangi biaya pemeliharaan dan membuat pencahayaan LED lebih menarik daripada pencahayaan tradisional. Dan mereka bisa bertahan lebih lama dari lampu tradisional.

Seberapa efisienkah lampu LED? Pencahayaan LED dapat menyimpan hingga 85 persen dari listrik yang digunakan oleh lampu pijar dan sampai 50 persen dari listrik yang digunakan oleh lampu fluorescent. Ketika membandingkan pencahayaan LED dengan lampu neon, penghematan energi tergantung pada jenis lampu neon. Misalnya, lampu LED dapat menghemat hingga 50 persen dari energi yang digunakan oleh CFL dan antara 20 sampai 30 persen dari energi yang digunakan oleh lampu neon.

Lampu LED mana yang digunakan? Karena lampu LED sangat hemat energi, aplikasi yang paling umum adalah tempat di mana lampu akan diaktifkan selama jangka waktu. Anda dapat menemukan lampu LED di restoran, kantor, tempat parkir, lampu jalan, kamar asrama, arena bermain dan, tentu saja, di rumah-rumah.

Departemen Energi AS memperkirakan bahwa adopsi luas dari lampu LED pada tahun 2025 akan:

o Mengurangi kebutuhan listrik dari pencahayaan sebesar 62 persen.
o Menghilangkan 258 juta metrik ton emisi karbon.
o Mengurangi jumlah bahan yang dimasukkan ke dalam tempat pembuangan sampah.
o
Menghindari pembangunan 133 pembangkit listrik baru.
o
Menghemat pengeluaran warga AS saja sebanyak $ 280.000.000.000. Bayangkan jika seluruh dunia menggunakan LED.

Mengapa pencahayaan LED lebih baik daripada lampu pijar? Sebagian dari energi yang dipancarkan dari lampu pijar diubah menjadi panas bukan cahaya. Itulah mengapa Anda akan membakar diri sendiri jika Anda mencoba untuk menyentuh lampu pijar telah dinyalakan. Pencahayaan LED adalah sekitar 85 persen lebih efisien daripada lampu pijar. Karena LED mengkonsumsi lebih sedikit energi yang signifikan, mereka tidak memancarkan banyak panas. Itulah mengapa Anda biasanya tidak akan membakar diri sendiri jika Anda mencoba jika menyentuh lampu LED telah itu dinyalakan. Lampu LED juga dirancang untuk bertahan sekitar 50 kali lebih lama, yang berarti tidak membutuhkan pemeliharaan yang signifikan dan limbah yang sedikit.

Mengapa pencahayaan LED lebih baik daripada lampu neon dan CFL? LED tidak mengandung bahan berbahaya, seperti merkuri. Karena tabung neon dan CFL mengandung merkuri, mereka harus dibuang secara khusus untuk mencegah merkuri dari tempat pembuangan sampah mengontaminasi daerah sekitar. Disamping itu, kebanyakan lampu neon yang paling tidak bisa redup dan sering berkedip. Beberapa orang sensitif terhadap flicker ini dan mengalami sakit kepala, migrain dan ketegangan mata. Pencahayaan LED menggunakan teknologi solid-state, yang efektif untuk meredupkan aplikasi dan menghilangkan kedipan. Lampu neon juga dapat memakan waktu beberapa menit untuk mencapai kecerahan penuh dan bahkan lebih lama dalam lingkungan yang dingin. Lampu LED juga instan-on dan dapat menahan kondisi yang sangat dingin - seperti lampu dalam freezer Anda. Dan, LED berkualitas tinggi menghasilkan cahaya yang lebih baik yang menunjukkan warna yang lebih efektif daripada lampu fluorescent.

Apakah Anda mau mengganti lampu di rumah Anda dengan LED? Menggunakan lampu LED juga termasuk green loh. Komentar di bawah.

0 comments:

Post a Comment

 
Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/01/membuat-seo-smart-link-di-artikel.html#ixzz2OEmmsBH5 Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook