Tuesday, May 21, 2013

Pembersih Udara Kotor Di Rumah - Referensi US EPA (2)

(Tersambung) Pembersih Udara Kotor Di Rumah - Referensi US EPA

Pada post Pembersih Udara Kotor di Rumah - Referensi US EPA yang lalu, kita sudah membicarakan mengenai Apakah Polutan Udara Dalam Ruang? itu dan berbagai perangkat pembersih udara kotor di rumah serta polutan apa saja yang dapat dibersihkan masing-masing pembersih udara.Dan dilanjutkan dengan bagaimana kita dapat mengukur kinerja pembersih udara.


Bagaimana Cara Mengukur Kinerja Pembersih Udara?


Ada berbagai cara untuk mengukur seberapa baik perangkat pembersih udara bekerja, tergantung pada jenis perangkat dan konfigurasi dasar. Alat pembersih udara yang dikonfigurasikan dengan baik di membutuhkan saluran kerja sistem HVAC (yaitu, in-duct) atau sebagai pembersih udara portabel.

Menghilangkan Partikel In-Duct

Filter udara yang paling mekanis baik dalam menangkap partikel udara yang lebih besar, seperti debu, serbuk sari, tungau debu dan kecoa, beberapa partikel, dan bulu binatang. Namun, karena partikel-partikel ini bergerak dengan cepat, filter udara tidak bekerja dengan baik dalam menghapus mereka sepenuhnya dari tiap daerah dalam ruangan. Meskipun kegiatan manusia seperti berjalan dan dapat menimbulkan partikel debu, sebagian besar partikel yang lebih besar akan muncul kembali sebelum filter udara dapat menghapusnya.



Konsumen dapat memilih penghapusan partikel saringan udara dengan melihat efisiensi dalam menghilangkan partikel udara dari aliran udara yang melewatinya. Efisiensi ini diukur dengan nilai minimum pelaporan efisiensi (Merv) untuk filter udara dipasang di membutuhkan ductwork dengan sistem HVAC. The American Society of Heating, Refrigerating dan AC Engineers, atau ASHRAE mengembangkan metode pengukuran. Peringkat Merv (mulai dari yang rendah dari 1 sampai yang tertinggi 20) juga memungkinkan perbandingan filter udara dibuat oleh perusahaan yang berbeda.



- Filter udara atau panel datar dengan Merv dari 1 sampai 4 yang umum digunakan dalam tungku perumahan dan AC. Untuk sebagian besar, filter tersebut digunakan untuk melindungi peralatan HVAC dari penumpukan bahan yang tidak diinginkan pada permukaan seperti motor kipas dan pemanas atau pendingin , dan bukan karena alasan kualitas udara dalam ruangan secara langsung. Mereka memiliki efisiensi yang rendah pada partikel udara kecil dan menengah efisiensi pada partikel yang lebih besar, asalkan mereka tetap berada di udara dan melewati filter. Beberapa partikel yang lebih kecil ditemukan dalam rumah termasuk virus, bakteri, beberapa spora jamur, fraksi yang signifikan kucing dan anjing, dan sebagian kecil dari alergen pada debu tungau. 

Filter dengan Merv antara 7 dan 13 cenderung hampir sama efektifnya dengan filter HEPA.


- Permukaan filter yang dilipat atau diperpanjang

filter efisiensi Medium dengan Merv dari 5 sampai 13 cukup efisien dalam menghilangkan partikel udara yang berukuran kecil sampai besar. Filter dengan Merv antara 7 dan 13 cenderung hampir sama efektifnya dengan filter HEPA dalam mengendalikan partikel dalam ruangan yang paling udara. Filter udara efisiensi menengah umumnya lebih murah daripada filter HEPA, dan memungkinkan HVAC fan lebih tenang dan tingkat aliran udara lebih tinggi dari filter HEPA karena mereka memiliki resistensi aliran udara yang kurang



Filter dengan Merv antara 7 dan 13 cenderung hampir sama efektifnya dengan filter HEPA.

Efisiensi filter tinggi dengan Merv dari 14 sampai 16, kadang-kadang salah mengartikannya sebagai filter HEPA, mirip dalam penampilan dengan filter HEPA, yang memiliki nilai Merv dari 17 sampai 20. Filter HEPA biasanya tidak dipasang di perumahan dengan sistem HVAC, pemasangan filter HEPA dalam sistem HVAC yang ada mungkin akan membutuhkan sistem modifikasi yang dilakukan oleh profesional. Sebuah perumahan dengan unit udara yang umum biasanya membutuhkan ductwork yang tidak akan mampu menampung filter seperti itu karena dimensi fisik mereka dan meningkatkan resistensi aliran udara.

Beberapa sistem HVAC di perumahan mungkin tidak memiliki cukup kipas atau kapasitas motor untuk mengakomodasi filter efisiensi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, informasi oleh produsen HVAC harus diperiksa sebelum upgrade filter untuk menentukan apakah layak untuk menggunakan filter lebih efisien. Khusus dibangun rumah kinerja tinggi kadang-kadang dapat dilengkapi dengan filter HEPA yang benar diinstal dalam sistem HVAC dirancang dengan baik.

Tidak ada standar pengukuran untuk efektivitas pembersih udara elektronik. Meskipun mereka mungkin menghilangkan partikel kecil, mereka mungkin tidak efektif dalam menghilangkan partikel besar. Pembersih udara elektronik dapat menghasilkan ozon yang bisa mengiritasi paru-paru. Jumlah ozon yang dihasilkan bervariasi antara model. Pembersih udara elektronik juga dapat menghasilkan partikel ultrafine yang dihasilkan dari reaksi ozon dengan bahan kimia dalam ruangan seperti mereka yang berasal dari produk rumah tangga pembersih, penyegar udara, cat tertentu, lantai kayu, atau karpet. Partikel ultrafine mungkin berhubungan dengan efek kesehatan yang merugikan pada beberapa populasi yang sensitif terhadap polutan.

 Tetap membaca Clean Air Indonesia untuk kelanjutan dari artikel Pembersih Udara Kotor Di Rumah - Referensi US EPA minggu depan. Follow Twitter @TawadaCleanTech untuk artikel green lifestyle, green building / bangunan hijau dan kualitas udara dalam ruang yang menarik lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/01/membuat-seo-smart-link-di-artikel.html#ixzz2OEmmsBH5 Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook