Friday, May 10, 2013

Pembersih Udara Kotor Di Rumah - Referensi US EPA


Polutan udara dalam ruangan yang mengandung bahan yang tidak diinginkan, yang terkadang berbahaya di udara. Polusi udara dalam ruangan adalah satu diantara lima risiko kesehatan lingkungan. Biasanya cara terbaik untuk mengatasi risiko ini adalah untuk mengontrol atau menghilangkan sumber polutan, dan untuk ventilasi rumah dengan udara bersih luar. Penggunaan ventilasi mungkin, bagaimanapun, dibatasi oleh kondisi cuaca atau tingkat yang tidak diinginkan dari kontaminan yang terkandung dalam udara di luar ruangan. Jika tindakan ini tidak cukup, perangkat pembersih udara mungkin berguna. Alat pembersih udara dimaksudkan untuk menghilangkan polutan dan udara kotor dari udara dalam ruangan. Beberapa perangkat pembersih udara dirancang untuk dipasang di membutuhkan saluran kerja dari rumah itu pemanas sentral, ventilasi, dan sistem  pendingin ruangan (HVAC) untuk membersihkan udara di seluruh rumah. Portabel pembersih udara ruangan dapat digunakan untuk membersihkan udara di satu ruangan atau area tertentu, tetapi mereka tidak dimaksudkan untuk filtrasi seluruh rumah. Halaman-halaman berikut ini akan memberikan informasi tentang berbagai jenis perangkat pembersih udara dan bagaimana mereka bekerja.


Apakah Polutan Udara Dalam Ruang?

Polutan yang dapat mempengaruhi kualitas udara di rumah atau dalam ruang dapat dikategorikan sebagai berikut:


- Materi partikel termasuk debu, asap, serbuk sari, bulu binatang, asap rokok, partikel yang dihasilkan dari pembakaran peralatan seperti kompor masak, dan partikel yang berhubungan dengan organisme kecil seperti tungau debu, jamur, bakteri, dan virus.


- Gas polutan yang berasal dari proses pembakaran. Sumber termasuk memasak kompor gas, knalpot kendaraan, dan asap tembakau. Mereka juga berasal dari bahan bangunan, perabotan, dan penggunaan produk-produk seperti perekat, cat, pernis, produk pembersih, dan pestisida



Memahami Jenis-jenis Perangkat Pembersih Udara
 
Sebelum memutuskan untuk menggunakan perangkat pembersih udara, ada beberapa pertanyaan yang harus dipertimbangkan:


1. Jenis polutan apa saja yang bisa dihilangkan oleh perangkat pembersih udara?

2. Bagaimana cara mengukur kinerja perangkat pembersih udara? 
3. Akankah perangkat pembersih udara merugikan bagi kesehatan?

4. Faktor lain apa saja yang harus dipertimbangkan?


Jenis Polutan Apa Saja yang Dapat Dihilangkan oleh Pembersih Udara?

Terdapat beberapa jenis perangkat pembersih udara yang tersedia, masing masing dirancang untuk menghilangkan jenis polutan tertentu.


1. Menghilangkan Partikel

Dua jenis alat pembersih udara yang dapat menghilangkan partikel dari udara - filter udara mekanik dan pembersih udara elektronik. Filter udara mekanik menghilangkan partikel dengan menangkap mereka pada bahan filter


Kategori ini memiliki tingkat efisiensi partikel udara yang tinggi. Pembersih udara elektronik seperti electrostatic precipitators menggunakan proses yang disebut tarik electrostatic attraction untuk menangkap muatan partikel. Mereka menarik udara melalui bagian ionisasi di mana partikel memperoleh muatan listrik. Muatan partikel tersebut kemudian menumpuk pada serangkaian lempengan datar disebut kolektor. Generator ion, atau ionizers, membubarkan ion bermuatan ke udara, mirip dengan pembersih udara elektronik tapi tanpa kolektor. Ion ini melekat pada partikel udara, memberi mereka biaya sehingga mereka menempel pada permukaan terdekat seperti dinding atau furnitur, atau melekat satu sama lain dan menetap lebih cepat.


2. Menghilangkan Polutan Gas  

Filter udara gas menghilangkan gas dan bau dengan menggunakan bahan yang disebut sorbent, karbon seperti aktif, yang mengadsorbsi polutan. Filter ini biasanya dimaksudkan untuk menghapus satu atau lebih polutan gas dari aliran udara yang melewati mereka. Karena filter gas yang khusus untuk satu atau sejumlah polutan gas, mereka tidak akan mengurangi konsentrasi polutan karena mereka tidak dirancang untuk mengurangi konsentrasi polutan. Beberapa pembersih udara perangkat dengan filter gas dapat menghapus sebagian dari polutan gas dan bahaya yang ditimbulkan, setidaknya untuk sementara. Namun, jangan harap bahwa filter udara gas tersebit dapat menghapus semua polutan gas yang ada dalam udara di rumah. Sebagai contoh, karbon monoksida merupakan polutan gas berbahaya yang dihasilkan ketika kegiatan seperti pembakaran apapun seperti gas, minyak, minyak tanah, kayu, atau arang yang dibakar, dan itu tidak mudah ditangkap oleh produk filtrasi gas yang digunakan di perumahan.


3. Menghancurkan Polutan 

Beberapa pembersih udara menggunakan teknologi lampu ultraviolet (UV) yang dimaksudkan untuk menghancurkan polutan di udara dalam ruangan. Pembersih udara disebut pembersih ultraviolet germicidal irradiation (UVGI) dan pembersih photocatalytic oxidation (PCO). Generator ozon yang dijual sebagai pembersih udara sengaja memproduksi gas ozon, yang menyebabkan iritasi paru-paru, untuk menghancurkan polutan.

Tetap membaca Clean Air Indonesia untuk kelanjutan dari artikel Pembersih Udara Kotor Di Rumah - Referensi US EPA minggu depan. Follow Twitter @TawadaCleanTech untuk artikel green lifestyle, green building / bangunan hijau dan kualitas udara dalam ruang yang menarik lainnya.




0 comments:

Post a Comment

 
Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/01/membuat-seo-smart-link-di-artikel.html#ixzz2OEmmsBH5 Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook