Monday, December 10, 2012

Pendingin Atap Membuat Rumah Lebih Sejuk

Pendingin atap atau cool roofing, mungkin sebutan ini belum begitu familiar di telinga kita orang awam. Dari penjelasan tentang pendingin atap, keunggulan, hingga manfaat penggunaan pendingin atap ini akan kami bahas dan dijelaskan disini. Panas di siang hari adalah hal yang biasa, tetapi beberapa tahun terakhir ini panasnya mulai tidak masuk akal, mungkin juga karena efek pemanasan global yang semakin memburuk. Hal yang biasanya dilakukan yaitu menyalakan AC (Air Conditioner), tapi bukankah seharusnya kita mendukung green lifestyle, dimana kita harus mengurangi penggunaan AC secara terus menerus, akan makin merusak ozon bumi kita. Tentu kita tidak ingin bumi kita rusak karena ulah kita sendiri bukan. Sehingga pendingin atap adalah solusi terbaik ketika rumah ada bersuhu sangat panas, karena pendingin atap akan membuat rumah anda lebih sejuk.



Apakah yang dimaksud dengan Cool Roofing? 

Cool Roofing atau pendingin atap adalah benda yang memantulkan panas matahari dan memancarkan kembali radiasi diserap ke dalam atmosfer. Sebenarnya, atap akan tetap dingin dan mengurangi jumlah panas yang ditransfer ke bangunan bawah dengan sendirinya, menjaga bangunan suhu lebih dingin dan lebih konstan. Bayangkan jika Anda mengenakan kaos putih atau hitam di hari yang panas. Dengan mengenakan kaos putih Anda akan tetap dingin daripada jika Anda mengenakan kaos hitam karena kaos putih memantulkan sinar matahari lebih banyak dan hanya menyerap sedikit panas. Pendingin atap memiliki cara kerja yang sama seperti kaos putih, menjaga suhu di dalam ruangan/bangunan. 

Namun, pendingin atap tidak harus selalu berwarna putih. Ada banyak jenis "cool color" yang menggunakan warna lebih gelap (memiliki warna dengan pigmen yang sangat mencolok di bagian inframerah (non-visible) yang dekat dari spektrum matahari). Dengan teknologi "cool color", terdapat beberapa atap yang muncul dalam berbagai warna dan masih mempertahankan dan memantulkan sinar matahari dengan efektif. 
Dua karakteristik utama yang menentukan 'kesejukan' dari atap, yaitu reflektansi surya (ketahanan akan cahaya) dan daya pancar termal. Dua hal tersebut memiliki kisaran pada skala dari 0 hingga 1, di mana 1 adalah yang paling reflektif atau memancarkan. 
CRRC mengukur dua hal tersebut dari produk atap, baik untuk nilai awal produk dan setelah tiga tahun setelah terkena paparan cuaca. CRRC menerbitkan hasilnya pada Direktori Produk secara online. Direktori online tersedia untuk masyarakat umum tanpa biaya, dan memungkinkan Anda untuk membandingkan nilai-nilai dari berbagai jenis produk dan merek.


 Apa Manfaat dari Cooling Roof? 
Ada banyak manfaat dalam menggunakan Cooling Roof, yaitu: 
  • Meningkatkan keberlanjutan ekologis, atau membuat rumah Anda "lebih hijau" dengan: 
    1. Mengurangi pengeluaran tagihan Anda karena penggunaan AC. 
    2. Meningkatkan kenyamanan dan menghindari penggunaan pendingin udara.
    3. Meningkatkan keawetan dan memperpanjang umur pendingin udara Anda. 
    4. Menurunkan biaya pemeliharaan atap dan memperpanjang umur atap, menghindari biaya pembuatan ulang atap anda dan mengurangi limbah padat.
  • Membantu rumah Anda dalam memenuhi etika dalam mendirikan bangunan. 
  • Mengurangi panas di perkotaan komunitas Anda. 
  • Menjaga keindahan bangunan dengan atap yang terawat dan terlihat bagus. 
  • Menerima pengembalian pengunaan atap. (di beberapa lokasi)
Manfaat secara Tidak Langsung:
Singkatnya,
pendingin atap secara signifikan dapat mengurangi biaya Anda dengan meningkatkan energi dan kenyamanan Anda dengan mengurangi fluktuasi suhu di dalam rumah Anda. Energi berkisar rata-rata dari 7% -15% dari biaya total.


Ketika orang berpikir tentang membuat rumah mereka lebih "hijau" atau
ramah lingkungan, pendingin atap dingin bukanlah hal pertama yang terpikirkan oleh banyak orang. Namun, program pembangunan hijau, seperti US Green Building Council LEED, memberikan kredit dan kemudahan untuk memasang pendingin atap. Jadi, jika Anda mencoba untuk menghemat energi atau membuat rumah Anda lebih ramah lingkungan, pendingin atap adalah salah satu cara untuk mewujudkan tujuan tersebut.




Apa bahan atap yang tepat untuk rumah/bangunan Anda?
Meskipun CRRC
belum bisa merekomendasikan produk atap secara spesifik, di bawah ini terdapat beberapa deskripsi mengenai beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk atap untuk bangunan Anda, termasuk deskripsi dari bahan atap yang diesediakan oleh program kami. 



Tingkat Kemiringan

Semua atap pada dasarnya dibagi menjadi 2 kategori: tingkat kemiringan yang rendah (kurang dari 2 inci kenaikan lebih dari 12 inci) dan tingkat kemiringan yang curam (2:12 atau lebih besar). Menurut daftar kami, menunjukkan bahwa tingkat kemiringan suatu produk  memiliki tujuan yang berbeda-beda. Selain itu, kami sarankan agar Anda mengecek kondisi atap dengan orang yang ahli yang ada di lingkungan sekitar anda, konsultan atap atau arsitek pun bisa menentukan jenis atap produk yang paling sesuai untuk rumah Anda.

Iklim
Bagi sebagian besar iklim di dunia, pendingin atap dapat mengurangi beban pendinginan sebuah bangunan secara signifikan. Namun, pendingin atap juga dapat meningkatkan biaya pemanas ketika musim dingin. Peningkatan ini biasanya sebanding dengan penghematan energi pendinginan yang dicapai selama musim panas, karena matahari berada di posisi rendah dan dekat dengan langit selama musim dingin dengan cuaca yang cenderung mendung, dan salju sering meliputi atap di zona iklim paling utara di Amerika Serikat.
 
Dalam memilih atap Anda, sangatlah penting untuk memahami zona iklim Anda dan energi sebenarnya yang dapat dihemat/disimpan oleh rumah Anda. Ada dua kalkulator pendingin atap yang tersedia secara online yang dapat memberikan perkiraan yang baik tentang berapa banyak energi yang akan Anda hemat. Anda dapat menemukannya di:
DOE Kalkulator Best Roof
EPA Kalkulator Best Roof

Jenis Produk 
Di bawah ini adalah daftar definisi jenis produk atap. Untuk Cari Direktori Nilai CRRC Produk, klik di sini.
 
  • Built-up Roofing (termasuk aspal dan lapangan batubara): Built-up Roofing (BUR) terdiri dari built-up lapisan aspal yang dilapisi dan diterapkan pada suatu tempat dan dapat ditutupi dengan lapisan penutup(capsheet) (atau permukaan material). Produk "Cool" yang ditemukan dari direktori CRRC dalam kategori ini merujuk pada sifat lapisan penutup(capsheet) tersebut.
  • Sistem Atap dengan Foam: sistem Foam dapat dibagi dalam kategori field applied dan factory applied. Sistem foam pada field-applied mirip dengan pelapis pada field-applied, sebagaimana dengan penyemprotan pada bentuk cair dan mengeras saat mereka mulai mongering di atap. Factory-applied pada  sistem foam dibentuk menjadi panel kaku dan dilapisi dengan lapisan reflektif/pemancar. Foam biasanya memberikan atap sifat insulasi tambahan. 
  • Logam: Logam pada atap dapat dibentuk agar terlihat seperti shingles, atau getar, atau sesuai lekukan yang unik, dan di samping konfigurasi "standing seam". Mereka memilki berbagai tekstur dan warna, termasuk beberapa warna gelap "cool" dengan kesan aditif yang memungkinkan warna-warna gelap untuk mencapai reflektansi secara signifikan dan memiliki versi yang lebih besar daripada versi sebelumnya dari produk yang sama. 
  • Modified Bitumen: Modifikasi aspal bitumen (aspal atau tar) dimodifikasi dengan plastik berlapis untuk memperkuat bahannya, kemudian dilapisi dengan bahan pelindung permukaan. Seperti burs, sifat radiasi dari modified bitumen (mod bit untuk pendek) ditentukan oleh bahan pelapis pada permukaan.
  • Lain-lain: Di sinilah CRRC menempatkan setiap produk yang tidak cocok di tempat lain. Sebagai contoh, kami memiliki sistem atap permukaan, membran karet, semen, atap roll dan beberapa orang lainnya.
  • Coatings Roof: pelapis atap dapat dibagi menjadi dua kategori: field-applied dan factory-applied. Field-applied digunakan langsung pada permukaan atap, baik pada perakitan atap yang baru atau di atas permukaan atap yang sudah ada (dan dapat diaplikasikan di atas atas apa saja, asalkan lapisan yang tepat dipilih). Factory-applied menggunakan pelapis yang diaplikasikan di pabrik sebelum produk didistribusikan. Contoh factory-applied termasuk pengguanaan pelapis diaplikasikan pada logam dan glasir yang diterapkan pada ubin.
  • Shingles, Slate, atau Tile: Semua jenis produk menggunakan konsep yang sama, di mana potongan yang cocok untuk membentuk atap. Aspal shingles merupakan bahan yang cukup umum untuk digunakan oleh atap perumahan, mungkin karena harga yang relatif murah dan sederhana untuk menginstal. Slate dan ubin juga merupakan produk yang memiliki berbagai warna, bentuk dan tekstur, dan, karena massa yang berat, mereka memiliki sifat termal yang dapat menghasilkan penghematan energi tambahan di luar reflektansi dan sifat daya pancar. 
  • Single-Ply: Single-ply pada atap adalah lembaran pra-fabrikasi dengan polimer karet. Single-ply pada atap yang digunakan dalam satu lapisan di atas atap yang memiliki tingkat kemiringan rendah atau curam-miring. Membran pada single-ply bisa bersifat longgar dan ditindih dengan pemberat atau pavers yang mengatur mereka dari atap dan melekat dengan mechanical fasteners atau perekat. Ada dua jenis utama dari single-ply dengan bahan:
  1. Single-Ply-thermoset (termasuk EPDM, Hypalon): Thermoset adalah bahan yang tidak tahan akan udara panas ketika dilas karena adanya perubahan karakteristik fisik mereka. Sebaliknya, menggunakan tape atau contact cement untuk menutup jahitan.
  2. Single-Ply-Termoplastik (termasuk TPO, PVC, dll): Single-Ply-Termoplastik adalah membran lembaran yang fleksibel yang terdiri dari komponen polimer plastik. Ketika panas diaplikasikan ke permukaan, lapisan-lapisan termoplastik tunggal yang menyatu bersama-sama akan menghasilkan bahan yang halus dan efektif. Kebanyakan termoplastik diproduksi untuk memasukkan lapisan penguat (biasanya polyester atau fiberglass) untuk daya tahan ekstra dan kekuatan maksimal. Ada berbagai jenis single-ply-termoplastik seperti PVC & TPO. PVC (polyvinyl chloride) adalah polimer sintetik dibuat dari vinil klorida. Ini cenderung lebih mahal daripada TPO, tetapi terkenal karena kinerja jangka panjang dan secara alami dan tahan terhadap api. TPO (poliolefin termoplastik) adalah campuran dari polimer yang dapat berisi flame-retardants atau peredam UV. 

Jenis Produk Saat ini tidak termasuk dalam Program Penilaian CRRC:
  • Atap Ballasted: atap ballasted adalah atap dengan sistem yang mencakup bahan tahan air (seperti membran tunggal-ply) dengan bahan yang berat, yang disebut pemberat. Balast biasanya berbentuk semacam batu atau lapisan jalanan beton.
  • Atap Hijau: Atap Hijau (juga dikenal sebagai atap dengan taman atau atap bervegetasi) menggunakan tanaman sebagai penutup atap. Meskipun secara teknis tidak bisa memancarkan kembali cahaya, atap hijau dapat memberikan penghematan energi yang sama dan memberikan pendingin atap yang alami bagi wilayah perkotaan. Mereka juga menyerap air, mengurangi limpahan air hujan. Atap hijau berbeda dari atap dingin dan tidak termasuk dalam CRRC. 


Jadi tidak ada ruginya memulai sesuatu yang baik bukan? Kita yang tadinya tidak begitu mengerti bahkan tidak begitu peduli dengan lingkungan, lama-kelamaan akan mengerti dan mulai peduli jika kita memperhatikan hal-hal yang kecil seperti penggunaan cool roofing. Apa salahnya jika kita mencoba mengaplikasikan green lifestyle pada gaya hidup kita.mungkin sedikit repot mengaplikasikannya karena kita tidak terbiasa dengan green lifestyle, seiring berjalannya waktu kita pasti semakin mengerti dan pasti semakin mendapatkan efek positifnya.
 
Hubungi Cool&Clean untuk informasi lebih lanjut mengenai pendingin atap atau cool roof dan dapatkan rumah sejuk serta hemat listrik sekarang juga. LIKE Facebook Cool & Clean atau FOLLOW Twitter @TawadaCleanTech untuk info green menarik lainnya.
 


 

6 comments:

  1. desain rumah ramah lingkungan yang keren

    ReplyDelete
  2. Hi Mulyaindah dana Alan,

    Iya lahan lebih di dalam maupun luar rumah sebagai taman bisa jadi alternatif juga. Tapi kalau lahannya kurang, cool roof juga bisa jadi pilihan yang baik! :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Hi design rumah minimalis, thank you untuk commentnya :) tertarik untuk mencoba cool roof?

      Delete
  4. apakah ada cat untuk melapisi genting standar, supaya bisa berfungsi sebagai cool roof? kalo ada merk nya apa saja dan berapa reflektif ratingnyanya? serta harganya. mohon diinfokan ke cooper3rd@yahoo.com terimakasih

    ReplyDelete

 
Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/01/membuat-seo-smart-link-di-artikel.html#ixzz2OEmmsBH5 Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook